Sabtu, 02 Juni 2012

Left 4 Dead


Left 4 Dead. Dikembangkan dan diterbitkan oleh Valve Corporation. Kemudian dirilis ke pasaran pada tanggal 18 November 2009 di Amerika Serikat dan tanggal 21 November 2009 di Eropa dan distributor oleh Electronic Arts. Game ini bergenre first person shooter (Pandangan orang pertama, yang terlihat biasanya hanya tangan dan senjata yang digunakan) dan survival horror seperti yang diusung oleh Resident Evil dan sebagainya yang gamenya bertipe tidak jauh berbeda. Namun game Left 4 Dead ini menyuguhkan ciri khas dan keasyikan tersendiri bagi pemainnya.

Game ini tidak memiliki awal cerita dan alur. Namun hanya diketahui bahwa di suatu kota telah terjadi kontaminasi yang mewabah dan menyebabkan masyarakat di tempat itu bermutasi menjadi mahluk yang haus darah dan akan mencari darah tanpa henti (Pada game ini biasa disebut denganInfected) dan dikisahkan hanya 4 orang yang hidup dan berjuang untuk menyelamatkan diri mereka masing-masing dan juga temannya yang selamat. Namun usaha mereka tidak mudah. Para infected berkeliaran dimana-mana. Tugas andalah yang menentukan apakah mereka akan selamat atau tidak.

Infected

Pada game ini terdapat 6 jenis infected yang akan selalu muncul pada setiap permainan :

1. Zombie

Jenis ini akan selalu muncul pada setiap perjalanan anda. Kadang muncul satu dan terkadang muncul bergerombol. Damage yang dihasilkan satu zombie relatif kecil namun tidak apabila zombie muncul dalam jumlah besar. Untuk mengetahui adanya serangan bergerombol, dengarkan suara lagu yang mengiringi sepanjang game.
2. Smoker
Sniper versi zombie. Ia akan mencoba menuntun anda ke arah gerombolan infected. Ia muncul bersamaan dengan asap yang berwarna kehijau-hijauan.

3. Hunter
Jenis infected ini bersuara ketika merangkak. Apabila anda terkena terkamannya, Anda tidak akan dapat melakukan apapun selain menunggu bantuan teman anda. Infeted ini pun cukup licah dan gesit dalam mengejar mangsanya.
4. Boomer
Infeted ini merupakan infected yang tidak berbahaya. Namun apabila infected ini mengejar anda, ia akan mencoba muntah di hadapan anda. Muntah ini akan membuat penglihatan pemain menjadi kabur dan akan mengundang serbuan gerombolan infected zombie.
5. Witch
Kemunculannya biasanya dalam keadaan tertunduk dan menangis. Witch tidak akan menggangu pemain apabila pemain tidak mengarahkan flashlight dan menembakkan senjata kepadanya. Jika tidak ia akan menyerang dengan sangat mematikan dengan cakarnya dan kelincahannya.

6. Tank
Mahluk terkuat dari seluruh infected yang ada. Dengan ototnya yang kuat, perlu tenaga dan amunisi ekstra untuk mengalahkannya. Kemunculannya terdengar dari dentuman suara yang dihasilkan ketika ia berjalan. Tank pun tak terlalu besar sehingga dapat memasuki setiap pintu dengan mudah.
Weaponry

Persenjataan yang disiapkan dalam permainan ini cukup beragam mulai dari pistol, pump-action shotgun, sub-machine gun, dan sebagainya. Setiap senjata yang digunakan memiliki keterbatasan peluru dan kita harus mendapatkannya dengan cara mencari di setiap daerah atau apabila teman kita menemukan amunisi maupun persenjataan, ia akan melakukan chat dengan kita. Senjata yang telah terinstall pada permainan seperti mounted machine gun cukup menunjang permainan dengan efek nyata seperti senjata cepat panas hampir bersifat realistis. Flashlight telah dipersiakan terintegrasi dengan sehingga tidak bersifat opsional seperti permainan pada umumnya.

Game 

Game ini terdiri dari single player dengan 4 skenario berbeda pada tiap orang yang dipilih. Tujuan utamanya adalah menyelamatkan 4 orang yaitu Bill, Zoey, Francis, dan Luis untuk keluar dari kota yang dipenuhi oleh infected tersebut. Setiap orang memiliki setting dang lokasi kemunculan yang berbeda-beda. Untuk setiap kemunculan terdiri dari 4 orang yaitu pemain dan sisanya dimainkan oleh BOT (Komputer).

Selanjutnya adalah mode multi-player yaitu Co-Op mode atau Versus mode. Co-Op mode adalah mode dimana satu sama lain saling menyelamatkan dari serangan infected. Sedangkan versus mode adalah mode perlawanan dimana yang satu bertindak sebagai manusia dan yang lainnya sebagai infected. Dimainan secara on-line.


Spesifikasi Game


Spesifikasi minimal yang dibutuhkan adalah :

Sistem operasi : Windows 2000, XP, dan Windows Vista

CPU : Intel Pentium 4 3,0 GHz keatas atau AMD 64 X2 keatas

Kebutuhan harddisk : 7,5 GB minimal

Video : DirectX 9.0 dengan dukungan pixel shader 2.0 (256 MB atau lebih)

1 komentar: